lalintas.com

Sepenting Apa Sabuk Pengaman Saat Anda Berkendara?

Sebuah alat yang dirancang untuk menahan seorang penumpang atau pengendara mobil agar tetap ditempat apabila terjadi tabrakan atau dalam kondisi kendaraan berhenti mendadak adalah fungsi dari Sabuk Pengaman. Sabuk pengaman ini dirancang untuk mengurangi luka dengan menahan penggunanya dari benturan dengan bagian-bagian dalam kendaraan, atau terlempar dari dalam kendaraannya. Sementara itu, bagi penumpang, sabuk pengaman dapat mencegah penumpang yang duduk di kursi belakang membentur penumpang lainnya yang duduk di barisan depannya.

Sabuk pengaman merupakan alat pengaman utama dalam keselamatan berkendara. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang tidak atau belum sadar kegunaannya dan pentingnya. Tidak sedikit pengendara maupun penumpang yang melalaikan penggunaannya. Ironisnya lagi, beberapa diantara mereka baru menggunakan sabuk pengaman tatkala melihat ada polisi atau ada razia yang dilakukan oleh aparat penegak hukum.

Menggunakan sabuk pengaman hukumnya wajib saat berada didalam kendaraan kapanpun dan dimanapun. Bahkan, sebagai seorang pengemudi yang baik, Anda tidak hanya selalu menggunakan sabuk pengaman, akan tetapi juga harus selalu memperingatkan penumpang lainnya agar juga turut serta menggunakan sabuk pengaman. Bukankah menggunakan sabuk pengaman merupakan sebuah hal yang sangat simple dan mudah?

Berikut ini beberapa alasan yang dihimpun oleh tim Lalintas.com, kenapa Anda harus menggunakan sabuk pengaman saat berkendara.

Pertama, sabuk pengaman berfungsi untuk menjaga keselamatan pengemudi, sebagai pelindung badan ketika pengendara terdorong atau bahkan terlempar ke depan dan kesamping ketika terjadi benturan atau keadaan yang tidak terduga, terutama kecelakaan.

Kedua, sabuk pengaman dapat mengurangi cidera serius akibat kecelakaan dan dapat mengurangi hingga 50% cidera parah yang diakibatkan oleh benturan akibat kecelakaan. Namun tetap saja segala perangkat keamanan seperti sabuk pengaman dan kantung udara tetap tidak akan menjamin 100% akan memberikan keselamatan disaat kecelakaan terjadi.

Selain kedua alasan diatas, tentu saja ada banyak alasan lainnya yang berkaitan dengan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan selama Anda berkendara.

Sementara itu, berikut beberapa kemungkinan yang akan terjadi, atau kerugian yang akan Anda derita jika Anda lalai menggunakan sabuk pengaman, antara lain : benturan dengan benda-benda di dalam kabin, seperti pintu, stir, dashboard, kaca, serta benda lainnya sangat besar kemungkinannya. Kemudian dapat mengakibatkan luka serius, hingga patah pada bagian tubuh, bahkan seringkali penumpang dan pengendara terlempar keluar mobil jika benturan yang dilakukan mobil sangat keras.

Intinya, dengan sabuk pengaman saja Anda masih belum terjamin akan aman 100%. Bagaimana, bahaya bukan jika Anda tidak menggunakan sabuk pengaman? Setelah baca artikel ini Anda masih memilih untuk tetap tidak menggunakan sabuk pengaman atau mulai belajar mendisiplinkan diri menggunakan sabuk pengaman secara rutin dan tertib saat berkendara. Lagi-lagi, pilihan ada di tangan Anda.

Tulis Tanggapan
    Similar News
    Hujan biangnya macet?
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    05 December 2019
    Fokus menyebabkan kecelakaan!
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    03 December 2019
    Tips mengemudi yang aman dan benar disaat mudik.
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    29 May 2019