lalintas.com

Ini Tips Aman Berkendara Di Musim Hujan

Setelah musim panas yang panjang, beberapa hari terakhir telah menunjukan bahwa musim hujan akan tiba. Seringkali hujan mengganggu aktivitas dan rutinitas kita di jalan raya, dan bahkan kita juga bisa jumpai banyak kecelakaan yang diakibatkan oleh hujan.

Kecelakaan terjadi bukan karena hujan, lantas dikarenakan oleh pengemudi yang meremehkan bahaya yang terlihat atau terselubung dan gagal mengantisipasi bahaya tersebut. Berikut contoh bahaya umum disaat hujan:

  1. Aquaplaning atau Hydroplaning. Adanya genangan air pada lintasan sehingga ban kehilangan traksi terhadap lintasan atau ban tidak menapak lintasan dengan sempurna. Akibatnya kendaraan mengalami selip dan sulit di control.
  2.  Pandangan yang terganggu. Berkendara disaat hujan sudah pasti akan mengganggu visibilitas pengemudi pada umumnya, dimana cipratan air pada kaca utama mengakibatkan hilangnya pandangan pengemudi terhadap lintasan sesaat. Tentu saja hal ini sangat bahaya dan dapat mengganggu kualitas berkendara Anda.
  3. Lintasan yang licin. Ban akan lebih cenderung mudah selip disaat lintasannya licin dikarenakan traksi ban terhadap lintasan yang berkurang, sehingga mempengaruhi jarak berhenti kendaraan. Tentunya jarak pengereman akan semakin jauh disaat hujan dibandingkan dengan kondisi ideal.
  4. Bahaya lainnya. Anda sebagai pengemudi seharusnya menjadi lebih waspada terhadap bahaya yang ada dijalan raya, tentunya resiko berlipat ganda apabila berkendara disaat hujan.

Berikut adalah teknik mengantisipasi kecelakaan disaat hujan. Langkah pertama adalah dengan melakukan inspeksi pra perjalanan pada kendaraan:

  1. Kelayakan dari ban kendaraan, umur dan ketebalan kembang ban berdasarkan Tire Wear Indicator atau TWI. Kelayakan suatu ban berperan penting dalam menentukan keselamatan, apabila ban tipis atau sudah kadaluarsa maka traksi ban terhadap lintasan sangat kecil. Hasilnya kendaraan tidak bisa dikendalikan atau bisa selip, pada lintasan yang basah kemungkinan terjadinya selip akan berlipat ganda dibandingkan dengan kondisi lintasan ideal.
  2. Periksa kelayakan Wiper, harus berfungsi dengan baik dan juga air nya terisi penuh. Pada saat hujan visibilitas atau pandangan pengemudi yang terganggu menjadi salah satu faktor utama penyumbang kecelakaan.
  3. semua lampu utama, isyarat dan klakson harus berfungsi dengan sempurna, disaat hujan komunikasi antara pengguna jalan raya akan sangat terganggu. Seringkali dalam kondisi hujan kecelakaan terjadi karena salah persepsi antar pengguna jalan, banyak pengemudi yang tidak melihat kendaraan didepan hendak kemana atau mengerem.  
  4. Periksa pada buku panduan apakah kendaraan yang anda kendarai dilengkapi dengan sistem pengaman anti selip (traction control) dan apakah pada sistem pengereman dilengkapi dengan fitur Anti Lock Bracking System (ABS). Apabila kendaraan anda tidak dilengkapi oleh salah satu dari dua fitur tersebut, maka Anda harus berkendara lebih waspada, karena dalam keadaan darurat kendaraan Anda sangat mudah mengalami selip.

Langkah ke dua dengan menanamkam sikap Defensive Driving atau memgemudi dengan resiko rendah: 

  1. Jaga jarak aman dengan berpedoman jarak 3-5 detik untuk kendaraan kecil dan 5-8 detik untuk kendaraan besar.
  1. Pandangan pengemudi harus sejauh mata memandang, agar bahaya dapat di lihat dari jauh sehingga pengemudi tidak akan melakukan pengereman darurat, berpindah lajur atau jalur secara mendadak, dan juga berakselerasi secara bertahap.
  1.  Hindari mengemudi di malam hari disaat hujan, karena dapat mengganggu pandangan.
  2. Lakukan journey management dengan tidak melewati daerah rawan banjir, sehingga terhindar dari kemacetan
  3. Waspada terhadap Aquaplaning atau genangan air yang dapat mengakibatkan mobil selip
  4. Lakukan pengecekan seluruh kaca sepion setiap 5-8 detik sekali agar dapat menciptakan lingkaran aman disekitar kendaraan kita
  5. Hindari hard braking atau lakukan pengereman secara bertahap.
  6. Jaga akselerasi kendaraan secara bertahap tidak spontan untuk menghindari selip pad roda kendaraan

Semoga tips dan informasi diatas dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda dalam berkendara disaat musim hujan. Ingat, keluarga tercinta Anda menunggu di rumah. Tetap waspada dan hati-hati dalam berkendara.

Tulis Tanggapan
    Similar News
    Hujan biangnya macet?
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    05 December 2019
    Fokus menyebabkan kecelakaan!
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    03 December 2019
    Tips mengemudi yang aman dan benar disaat mudik.
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    29 May 2019