lalintas.com

Ini Larangan Baru yang Harus Digalakkan Selain Pengendara Merokok

JAKARTA - Larangan pengendara merokok merupakan aturan lama yang kini kembali digalakkan pemerintah karena diniali mengganggu konsentrasi dan berisiko terjadinya kecelakaan. Namun diantara larangan tersebut ada larangan baru yang juga menimbulkan risiko besar.

Diantaranya larangan terkait berhenti bagi pengendara sepeda motor di underpass saat hujan tiba serta larangan pengendara ojek online yang banyak memakan bahu jalan untuk menunggu penumpang.

"Seharusnya pemerintah memanfaatkan momentum untuk lebih menekankan pada aturan baru ditengah langkah menerapkan aturan lama larangan merokok bagi pengendara sepeda motor," kata Jusri Pulubuhu, Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Menurutnya salah satu aturan baru yang tak kalah penting dan bisa menimbulkan risiko kecelakaan yakni aturan bagi pengendara untuk tidak berteduh di underpass saat hujan, kondisi tersebut selain menyebabkan laju kendaraan terhambat, risiko pengendara yang berteduh terhadap kendaraan yang melintas bisa menyebabkan pengendara terluka karena terserempet.

Aturan lain lanjut Jusri yakni banyaknya pengendara ojek online yang menggunakan bahu jalan secara berkelompok sehingga mengganggu pejalan kaki dan membuat kendaraan juga terhambat melaju. Dalam kondisi ramai pengendara maupun penumpang juga dinilai bisa terserempet dan tidak diketahui pengemudi karena sempit dan ramainya jalan terhadap pengendara ojek online.

Hadirnya aturan baru tersebut dirasa sangat perlu diterapkan seiring langkah pemerintah akan melakukan penertiban terhadap perilaku pengendara dan pengemudi yang tujuannya tak lain demi keselamatan dan menekan angka kecelakaan di jalan raya.

 

SUMBER : Newsokezone.com

Tulis Tanggapan
    Similar News
    Hujan biangnya macet?
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    05 December 2019
    Fokus menyebabkan kecelakaan!
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    03 December 2019
    Tips mengemudi yang aman dan benar disaat mudik.
    lalintas.com
    0
    lalintas.com
    29 May 2019